10 Fakta Unik Toraja, Nomor 5 Jarang yang Tahu

10 Fakat Unik dan Alam Toraja
10 Fakat Unik dan Alam Toraja

TORAJACHANNEL.COM, Suku Toraja adalah salah satu suku yang terletak di bagian Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Suku Toraja terkenal dengan sederet fakta unik dan alamnya yang luar biasa. Suku Toraja terbagi dalam 2 (dua) Kabupaten, yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Toraja berasal dari bahasa bugis yaitu To dan Riaja yang artinya berdiam di negeri atas.

Dengan segalah keunikan dan keindahan alam suku Toraja dan kebiasaan masyarakat Toraja ini tak heran jika suku ini sering menjadi kunjungan wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara.

Bacaan Lainnya

Berikut ini 10 Fakta unik dan Alam Toraja yang berhasil Torajachanel.com rangkum.

  1. Memiliki Patung Yesus Tertinggi di Dunia
  2. Memiliki 5 jenis Kuburan
  3. Mayoritas Kristen
  4. Suku dengan Toleransi Tinggi
  5. Ilmu Magis Tinggi
  6. Adat Istiadat yang Terkenal
  7. Rumah Adat yang Unik
  8. Penghasil Kopi Terbaik Dunia
  9. Pemilik Negeri diatas Awan
  10. Pesta Adat Termahal

Penjelasan 10 Fakta unik dan dalam toraja

1. Memiliki Patung Yesus Tertinggi di Dunia

Fakta unik yang pertama dari Kabupaten Tana Toraja iyalah adanya Patung Yesus Tertinggi didunia yang tertelak di Buntu Burake, Kelurahan Burake, Kecamatan Makale.

Patung Yesus Buntu Burake ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter yang disebut sebut mengalahkan ketinggian Patung Yesus di Rio de Janeiro Brazil.

Selain menjadi Patung Yesus tertinggi di dunia, patung yang berdiri kokoh di pusat ibukota Kabupaten Tana Toraja ini dikelilingi Jembatan kaca yang berada di tebing bukit tersebut.

2. Memiliki 5 jenis Kuburan

Bagi orang suku Toraja kematian adalah peristirahatan panjang, oleh sebab itu tidak heran jika kuburan orang Toraja dianggap unik.

Di Toraja terdapat 5 jenis kuburan yang terbagi dalam berbagai golongan, seperti golongan umur, anak kecil yang biasa di sebut bayi apabila meninggal dunia akan di kubur di Pohon Tarra’. Dengan pohon Tarra sebagai kuburan bayi ini di percaya getannya akan menjadi pengganti air susu ibunya.

Adapun ke 5 jenis kuburan di Toraja yang di sebut unik yaitu Kuburan Patane, Kuburan Goa, Kuburan Batu, Kuburan Tana, dan Kuburan Pohon.

BACA JUGA :   5 Keunikan Suku Toraja, Sulawesi Selatan

Kuburan Patane Toraja adalah kuburan yang tebuat dari beton, hampir menyerupai rumah pada umumnya namun yang membedakan adalah ukuran.

-Kuburan Goa Toraja, Kuburan ini adalah jenis kuburan kuno Toraja, namun hingga saat ini masih berlaku. proses penguburan goa Toraja ini adalah menggunakan goa yang biaya terletak di tebing sebagai tempat menyimpan jenazah.

-Kuburan Batu, Kuburan Toraja ini disebut “Liang”, yaitu dengan menggunakan batu besar yang di pahat hingga menjadi lubang besar dan lubang itu digunakan sebagai tempat menumyimpan Jenasah.

-Kuburan Tanah, saya rasa jenis kuburan ini rata rata digunakan di seluruh dunia, dengan memasukkan jenazah kedalam tanah. Jadi tidak perluh di jelaskan.

-Kuburan Pohon, seperti yang sempat di jelaskan diatas, pohon menjadi salah satu kuburan bayi di Toraja. Namun kuburan ini jarang di temui dan hanya terletak di bagian Sangalla, Kabupaten Tana Toraja.

Kuburan ini sudah jarang digunakan karena umur pohon juga sudah mulai tua dan kini pohon Tarra di sangalla menjadi objek wisata yang di sebut “Baby Grave”.

3. Mayoritas Kristen

Mayoritas suku Toraja beragama apa? Suku Toraja satu satunya suku di Provinsi Sulawesi Selatan yang mayoritas beragama Kristen.

Dilansir dari data BPS tahun 2014, Masyarakat Tana Toraja didominasi penduduk beragama Islam 30.311 atau 13,40 persen dari total peneduduk yang jumlahnya 226.260 jiwa.

Pemeluk agama Kristen sebanyak 146.991 jiwa (64.97%), Katolik sebanyak 40.858 jiwa (18.06%), Hindu sebanyak 8.082 jiwa (3.57%), dan Buddha sebanyak 18 jiwa (0.003%).

4. Suku dengan Toleransi Tinggi

Suku Toraja yang terkenal dengan Mayoritas beragama Kristen ini sangat terkenal dengan toleransi tinggi.

Dibuktikan di beberapa tempat di Tanah Toraja Masjid bersampingan dengan gereja.

Umat muslim juga menghargai masyarakat nasrani yang mengadakan pesta adat dengan menggunakan hewan babi.

Bahkan baru-baru ini viral dan unik dalam peresmian Gereja Katolik di Rantetayo Tana Toraja, umat isalm juga merayakannya.

5. Ilmu Magis Tinggi

Jika anda pernah membaca atau mendengar mayat berjalan maka toraja adalah tempatnya. Mayat berjalan logikanya memang tidak masuk akan tapi jika di tambah dengan ilmu hitam maka yang diluar angan saja bisa terjadi.

Ilmu magis pawang hujan juga merupakan fakta sangat terkenal di Toraja, dimana setiap ada kegiatan pesta adat maka di pastikan disitu ada pawang hujan.

BACA JUGA :   5 Keunikan Suku Toraja, Sulawesi Selatan

Masih banyak lagi hal magis yang juga bisa dilakukan oleh orang Toraja namun penulis tidak bisa menjelaskan satu persatu, jadi mungkin anda bisa cari di situ lain.

6. Adat Istiadat yang Terkenal

Adat istiadat suku Toraja tidak lagi diragukan, adat Toraja tebagi dalam dua bagian yaitu Adat Rambu Tuka’ (Kegembiraan) dan adat Rambu Solo’ (Kedukaan).

Dalam adat rambu Tuka’ , Toraja terkenal unik dengan segalah ritual yang di lakukan terutama pada acara Mangrara Tongkonan (Syukuran Rumah Adat Toraja), sedangkan rambu Solo’ terkenal dengan ritual dan anggaran acaranya.

Adat Rambu Solo’ atau pada pesta kematian di Toraja disebut-sebut memakan biaya ratusan hingga milliaran rupiah.

Dimana dalam adat Rambu Solo’ tersedia beberapa acara yang unik seperti pondok tamu yang hadir di acara, tarian Ma’badong, Ma’pasilaga Tedong (Adu Kerbau) hingga proses penyembelian kerbau (Ma’tinggoro Tedong).

Masih banyak hal unik yang bisa kita temukan dalam adat Toraja dan terkenal hingga ke macanegara namun pada kesempatan ini penulis kelelahn jika harus menjelaskan semuanya.

7. Rumah Adat yang Unik

Tongkonan adalah rumah adat Toraja yang memiliki bentuk mirip perahu dan bentuknya disebut sebut rumah unik. Apa keunikan dari rumah adat tongkonan? Rumah Tongkonan sendiri berasal dari kata Tongkon yang artinya datang duduk dan berdiskusi. Itulah sebabnya orang Toraja rata rata memiliki Tongkonan.

Keunikan rumah adat Toraja ini sangat banyak dan memang beda dari rumah pada umumnya. Contohnya saja ukuran rumah, luas Rumah Tongkonan di banding rumah pada umumunya rumah adat toraja ini lebih kecil, bangunan rumah yang selalu menghadap ke utara, tanduk kerbau yang di jejer di depan rumah sebagai lambang status sosial keturunan dari rumah tersebut.

Dan yang paling unik pada rumah adat Toraja ini adalah bagian dinding yang di ukir dengan berbagai bentuk yang memiliki makna tersendiri.

8. Penghasil Kopi Terbaik Dunia

Jika anda alah penikmat kopi maka anda tidak salah membaca artikel ini, adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia. Kopi Toraja ini memiliki cita rasa yang unik dan telah di ekspor ke berbagai belahan dunia.

BACA JUGA :   5 Keunikan Suku Toraja, Sulawesi Selatan

Kopi Toraja disebut memiliki karakter tersendiri karena memiliki tingkat keasaman yang rendah, halus, dan memiliki sensasi yang menembus lidah.

9. Pemilik Negeri diatas Awan

“Jangan mati sebelum ke Toraja” itu adalah kalimat yang pernah di lontarkan oleh Syarul Yasin Limpo yang saat ini menjabat sebagai Mentri Pertanian. Keindahan alam membuat kita seakan ingin selalu berada di Toraja. Sebut saja ” Negeri Diatas Awan”, berada di tempat ini seakan membuat kita melayang di udara.

Diselimuti gumpalan awan pada pagi hari serasa bidadari yang ada di film. Buat kalian yang menyukai alam tidak lengkap rasanya jika anda belum berkunjung ke negeri diatas awan Toraja.

Lokasi negeri diatas awan ini tidak jauh dari pusat ibukota Toraja Utara, hanya kisaran 10-15Km yang bisa di lalui menggunakan kendaraan roda 2 mapun roda 4.

Disana kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, dan pada pagi hari kamu akan mendapatkan awan yang yang meyelimuti lembah.

10. Pesta Adat Termahal

Habis ratusan juta hingga milyran karena pesta itu sering terjadi di Toraja, suku yang dikenal dengan pesta adat terunik ini masyarakatnya relah menghabiskan uang demi pestanya.

Diketahui pesta atau acara yang sering menghabiskan uang dari ratusan juta hingga milyaran ini adalah pesta Rambu Solo’ atau kedukaan.

Puluhan hingga ratusan kerbau yang di sembeli dalam pesta acara adat ini bisa dikategorikan sebagai penyebab mahalnya adat Toraja.

Tak tanggung tanggung acara adat yang biasa berjalan selama seminggu sampai sebulan semuanya biaya makan minum hingga rokok di tanggung oleh pihak keluarga yang berduka.

Itu saja yang bisa saya jelaskan sedikit terkait 10 Fakat Unik dan Alam Toraja mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan tulisan ini dan sebenarnya masih banyak fakta unik lainnya terkait suku Toraja namun penulis telah kelelahan.

Sampai ketemu di lain waktu untuk membahas seputar keunikan Toraja dan sekali lagi saya minta maaf apabila ada kesalahan dan kekurang dalam penulisan ini.

Saya menulis 10 fakta unik dan alam toraja dengan melihat keadaan yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Itu saja sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.

Pos terkait