Menipu dengan Modus Jual Kerbau, Seorang Pria Asal Toraja Utara Diamankan Polisi

Torajachannel.com, Toraja Utara–Satuan Reserse Kriminal Polres Toraja Utara, Polda Sulsel mengamankan seorang pria pelaku penipuan di Lingkungan Kalambe’ Kelurahan Buntu Barana’, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Senin (04/03/2024).

Pelaku yang diamankan tersebut berinisial YAS (58) warga Lembang Sa’dan Sangkaropi’, Kecamatan Sa’dan, Toraja Utara.

Ia diamankan setelah sebelumnya memperdaya korban Markus Sali Tikuliling (45) warga Ballopasange, Kecamatan Sa’dan dengan melakukan penipuan bermodus penjualan kerbau.

Bacaan Lainnya

Aksi penipuan tersebut terjadi di berawal saat korban ingin membeli 1 ekor kerbau senilai Rp. 75 juta dengan kesepakatan bahwa uang dari pembelian tersebut akan ditransfer sebanyak 2 kali ke nomor rekening milik Pelaku YAS.

Namun setelah uang pembelian kerbau secara keseluruhan total 75 juta rupiah telah ditransfer yaitu pada tanggal 17 Januari 2024 dan 26 Januari 2024 ke nomor rekening milik pelaku, Ia tak kunjung menyerahkan seekor kerbau yang telah dibayarkan bahkan hingga saat dilaporkan.

Merasa telah ditipu oleh Pelaku YAS, Korban pun memilih melaporkan peristiwa yang dialaminya tersebut untuk dilakukan proses hukum.

Bedasarkan laporan dari Korban, Unit Resmob yang dipimpin Kanit Resmob Bripka Simbara Buntu Lipa’ langsung bergerak melakukan penyelidikan. Hingga pada senin (04/03/2024) malam, Pelaku berhasil diamankan.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda S.IK, M.Si, membenarkan kronologis kejadian serta penangkapan tersebut, YAS (58) berhasil diamankan oleh Unit Resmob tanpa adanya perlawanan.

Dikatakan, YAS mengakui perbuatannya telah memperdaya Korban Markus Sali Tikuliling dengan melakukan penipuan bermodus penjualan kerbau sebesar 75 juta rupiah.

BACA JUGA :   Penutupan 110 Tahun IMT, BPS Gereja Toraja Bagi Puluhan Motor, Gereja Katolik Hingga Nahdlatul Ulama Dapat

Saat ini, Pelaku YAS (58) sedang menjalani proses hukum di Mapolres Toraja Utara, dan untuk mempertanggungjawbkan perbuatannya, Ia dijerat pasal 378 KUHPidana Tentang Tindak Pidana Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama 4 tahun.

Pos terkait