Mengenang Hari Pahlawan Nasional Pong Tiku, PMTI Bakal Gelar Berbagai Kegiatan

Mengenang Hari Pahlawan Nasional Pong Tiku, PMTI Bakal Gelar Berbagai Kegiatan

Torajachannel.com, Toraja Utara–Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) menggelar rapat koordinasi dengan panitia pelaksana untuk mempersiapkan perlombaan yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional Pong Tiku. Rapat tersebut berlangsung di Sekretariat Panitia Harian, Lemo Menduruk, Kecamatan Kesu’, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara pada Selasa,(07/5/ 2024)

Pertemuan rapat koordinasi dihadiri oleh Ketua Umum PMTI, Mayor Jenderal TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, Sekretaris Jenderal PMTI, Dating Palembangan SE.,Ak.,MM, Dewan Penasehat PMTI, Philipus Pakaang, serta sejumlah pemgurus lainnya.

Dalam rapat tersebut, disampaikan bahwa perlombaan yang diselenggarakan oleh PMTI adalah sebagai bentuk penghormatan dan pengenangan terhadap Pejuang The Legend Of Pong Tiku, yang merupakan salah satu tokoh yang berjasa dalam membela dan mengangkat martabat Toraja, berasal dari Pangala’, Kabupaten Toraja Utara.

Bacaan Lainnya

Perlombaan tersebut tidak hanya menjadi penghormatan semata, tetapi juga menjadi wadah bagi PMTI untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan perlombaan nasional lainnya antara lain, Napak Tilas Pong Tiku, Cerdas Cermat, Pong Tiku Cup Tinju Pemula, Lomba Konten Video Tiktok, serta kegiatan sosial seperti Massal Operasi Bibir Sumbing dan Operasi Katarak.

Ketua Umum PMTI, Mayor Jenderal TNI Purn Yulius Selvanus Lumbaa, mengungkapkan pentingnya sinergi antara panitia pelaksana perlombaan dengan semua pihak terkait. Hal ini untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan perlombaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Harian Perlombaan Pong Tiku, Harun Rante Lembang, menyatakan kehormatannya bisa terlibat dalam penyelenggaraan perlombaan tersebut. Ia juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah berbeda dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional, di mana tidak hanya mengadakan upacara, tetapi juga menggelar perlombaan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

BACA JUGA :   Mayjen TNI (Purn.) Yulius Selvanus Lumbaa: NKRI Harga Mati, Toraja Tempat Mengabdi

Perlombaan Hari Pahlawan Pong Tiku yang akan diselenggarakan tidak hanya menjadi satu acara, tetapi diharapkan dapat menjadi program tahunan yang konsisten. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat terus menikmati kegiatan tersebut dan semakin menyadari pentingnya mengenang pahlawan nasional seperti The Legend Of Pong Tiku.

Dengan demikian, inisiatif PMTI dalam menyelenggarakan perlombaan ini patut diapresiasi dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk mengukuhkan semangat mengenang para pahlawan bagi generasi masa depan.

Penulis : Nataniel Barapadang

Pos terkait