Tepis Isu Dualisme KNPI Tana Toraja, Daming Serahkan SK Kemenkumham dan Somasi Terbuka Ke Kesbangpol

Foto : Ketua DPD II KNPI Tana Toraja serahkan SK pengurus, Menkumham DPP, Haki, dan Akta notaris ke Kesbangpol Tana Toraja
Foto : Ketua DPD II KNPI Tana Toraja serahkan SK pengurus, Menkumham DPP, Haki, dan Akta notaris ke Kesbangpol Tana Toraja

Torajachannel.com, Tana Toraja— Ketua KNPI Kabupaten Tana Toraja, Daming Sampe Suso menyerahkan (SK) pengurus ke Kesbangpol, Selasa (1/11/2022).

Daming mengatakan, hal ini untuk memperkuat jalinan kemitraan dengan Pemerintah sekaligus pembuktian bahwa KNPI dibawah kepemimpinan Ketua Ryano Panjaitan sah secara hukum dan diakui negara karena memegang SK Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Tadi, secara resmi kita serahkan SK pengurus, Menkumham DPP, Haki, dan Akta notaris ke Kesbangpol Tana Toraja untuk memperkuat sinergitas kemitraan,” ujarnya kepada Torajachannel.com, Selasa sore.

Bacaan Lainnya

“Dengan ini juga membuktikan bahwa KNPI dibawah kepemimpinan Ketua Ryano Panjaitan yang sah dan diakui negara karena punya SK Menkumham. Berapa pun kubu KNPI, negara hanya memberikan SK pada satu lembaga dan itu ada di Kanda Ryano. Kita harus patuh hukum karena ini negara Hukum,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya juga menyerahkan somasi terbuka yang dilayangkan Pengurus DPP KNPI Activis Preneur. Dikatakannya, ini sebagai legal standing di Pemerintah untuk menepis isu dualisme KNPI.

Sebab menurutnya, lembaga berbadan hukum tidak ada yang namanya dualisme, hanya pemegang SK dari Menkumham serta pihak berwenang lainnya di Indonesia yang dianggap sah.

“Ada juga kita serahkan somasi terbuka yang dilayangkan oleh DPP. Ini sebagai legal standing kita di pemerintah dan menepis isu dualisme KNPI Tana Toraja,” ungkapnya.

Pemuda berlatar belakang sarjana hukum ini juga menepis isu beredar yang menyatakan KNPI yang dipimpinnya tidak didukung OKP kepemudaan.

BACA JUGA :   Terpilih Sebagai Ketua KNPI Tana Toraja, Daming : Mari Bersinergi

Ia menegaskan, dirinya mendapat dukungan 11 OKP dan sekira 80% Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

“Perlu diingat, tadi juga saya serahkan dukungan rekomendasi OKP dan DPK di Musda kemarin. Jadi clear, bahwa kemarin kita tidak dipaksakan karena kita punya dukungan hampir setengah OKP dan 80 % DPK,” tuturnya.

Ia berharap, pemuda Tana Toraja tidak lagi mempersoalkan isu dualisme dan bersatu untuk kemajuan daerah. Sebab, legal standing KNPI yakni SK Menkumham sudah diserahkan ke Pemerintah sebagai acuan.

“Pesan saya kepada pemuda, marilah kita bersatu membangun kebaikan bersama untuk kemajuan pemuda dan daerah tercinta kita ini,” ungkap Daming.

Penulis : Adi

Pos terkait