2 Rumah Ludes Terbakar di Balusu, Salah Satunya Rumah Tongkonan

2 Rumah Ludes Terbakar di Balusu, Salah Satunya Rumah Tongkonan
2 Rumah Ludes Terbakar di Balusu, Salah Satunya Rumah Tongkonan

Torajachanel.com, Toraja Utara– 2 rumah ludes terbakar di Tongkonan Saungan, Lingkungan Kadundung, Kelurahan Tagari Kecamatan Balusu, Kabupaten Toraja Utara. Minggu (20/03/2022).

Kebakaran tersebut menghanguskan satu unit rumah Tongkonan, satu unit rumah panggung semi permanen dan atap dapur rumah Yulius Palangan.

Dari keterangan saksi Damaris Menden bahwa dirinya melihat ada asap yang berasal dari lantai 2 rumah semi permanen pak Melki, kemudian berteriak berterik “asap, asap”.

Bacaan Lainnya

Saksi kedua Sanda Paluta yang mendengar teriakan tersebut langsung mengecek dan memberitahu Viktor agar segera memanggil pemadam kebakaran.

Setelah beberapa menit kemudian masyarakat sudah banyak yang datang dilokasi dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun api yang semakin membesar membuat masyarakat tidak dapat memadamkan api tersebut dan kemudian merembet ke rumah Tongkonan yang berada di di samping rumah panggung dan menghanguskan rumah tongkonan.

Pada saat api sementara melahap rumah tongkonan, api sempat merembet lagi ke atap dapur rumah milik Yulius Palangan yang berada dibelakang Rumah Tongkonan namun bisa diatasi dan di padamkan karena pada saat itu mobil pemadam sudah berada di lokasi.

Atas kejadian tersebut barang-barang berharga yang ada di dalam rumah panggung milik Melki tidak sempat di selamatkan berupa, Surat-surat penting, Uang tunai sejumlah Rp 67.000.000,- (Enam Puluh Tujuh Juta Rupiah), Satu set Sound Sistem, Seluruh perabotan rumah.

Sementara penyebab kebakaran rumah Tongkonan dan rumah panggung itu belum diketahui pasti.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun jumlah kerugian di taksir sekitar Rp 1.200.000.000,- ( Satu Milyar Dua Ratus Juta Rupiah).

Pos terkait