Dua Desa Wisata di Kabupaten Tana Toraja Masuk 500 Besar ADWI 2024

Dua Desa Wisata di Kabupaten Tana Toraja Masuk 500 Besar ADWI 2024

Torajachannel.com, Tana Toraja–Dua desa wisata di Kabupaten Tana Toraja, yaitu Desa Wisata Buntudatu dan Desa Wisata Tumbang Datu, berhasil masuk dalam 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, melalui akun Instagram @direktorat.tatakeloladestinasi pada Selasa (21/5/2024).

Desa Wisata Buntudatu terletak di Kecamatan Mengkendek, sementara Desa Wisata Tumbang Datu berada di Kecamatan Sangalla Utara.

Bacaan Lainnya

Kedua desa ini berhasil melalui proses seleksi ketat dari 6.016 pendaftar ADWI 2024 berdasarkan 5 kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Kurasi ADWI 2024 menghasilkan kinerja terbaik dari kedua desa tersebut.

Selanjutnya, 500 besar akan disaring menjadi 300 besar, kemudian 100 besar, hingga akhirnya menyisakan 50 desa wisata terbaik di Indonesia untuk tahun 2024.

Menteri Sandiaga berharap desa di seluruh Indonesia terus mengembangkan potensi wisata dan menerapkan konsep desa wisata dengan baik. Keberhasilan menjadi bagian dari 500 besar ADWI merupakan kebanggaan tersendiri bagi sebuah daerah.

“Mengikuti ADWI 2024, baik yang masuk dalam kurasi maupun tidak, diharapkan tetap semangat, konsisten, dan tidak menyerah dalam upaya memajukan daerahnya melalui pengembangan desa wisata.”Kata Sandiaga.

BACA JUGA :   Direktur Bumdes Buntudatu Apresiasi Peran Pemerintah dalam Pengembangan Objek Wisata Hutan Pinus Buntudatu

Pos terkait